Alat Pemindahan Baru Dari Google Search Console

0 comment
alat pemindahan gsc

Halo sobat Seonyeleneh.. Tahukah anda, pada awal tahun 2020 ini Google Search Console secara resmi meluncurkan alat pemindahan baru?

Lalu apa saja alat pemindahan baru yang diluncurkan oleh Google? Apakah bisa mengoptimalkan website anda pada hasil pencarian?

Agar sobat Seonyeleneh tidak kebingungan, yuk kita langsung saja simak mengenai alat pemindahan baru pada google search console atau yang sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan google webmaster.

3 Alat Pemindahan Baru Google Search Console Tahun 2020

Google Search Console yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster, merupakan layanan gratis yang disediakan oleh pihak Google untuk para webmaster.

Layanan Google yang satu ini, berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan sebuah situs di hasil pencarian Google dan menampilkan sebuah laporan status indeks pada website yang di daftarkan.

Selain itu, ada banyak fungsi lainnya yang bisa kalian pergunakan pada layanan Google Search Console melalui berbagai macam fitur untuk mendukung website anda di dalamnya.

Namun.. Pada artikel kali ini, kami tidak akan membahas apa saja fitur yang terdapat pada Webmaster Google secara keseluruhan.

Melainkan kami akan memberikan informasi terkini mengenai 3 hal yang bisa anda lakukan pada alat pemindahan baru, yang baru saja diluncurkan oleh Google Search Console pada awal tahun 2020 ini.

Berikut 3 hal yang bisa dilakukan pada alat pemindahan baru Search Console Google versi Seonyeleneh.com

1. Temporarily remove URLs

Alat ini Memungkinkan kalian untuk sementara waktu menyembunyikan URL agar tidak muncul di mesin pencarian Google.

remove url gsc

Ini ialah fitur di Search Console lama tetapi sekarang tersedia pada versi terbarunya. Penghapusan sementara tidak benar-benar menghapus sebuah URL dari indeks Google, melainkan hanya menyembunyikan URL tersebut selama sekitar enam bulan agar tidak muncul di hasil mesin pencarian.

Untuk itu, Anda masih perlu memblokir URL secara permanen di masa depan, seperti menggunakan 404, robots.txt atau metode lain untuk memblokir URL.

2. Outdated content

Outdated content Menunjukkan konten yang tidak ada di Google karena itu adalah konten yang sudah ketinggalan zaman, atau juga biasa disebut “usang”.

Alat pemindahan ini, bisa digunakan oleh siapa saja untuk memperbarui hasil pencarian yang menampilkan informasi yang tidak lagi ada pada sebuah halaman, kata Google.

Untuk itu, Anda dapat melihat riwayat semua permintaan untuk memperbarui atau menghapus hasil Google Penelusuran yang kedaluwarsa untuk situs Anda yang dibuat menggunakan alat Hapus Konten yang sudah usang dalam 6 bulan terakhir.

Di bawah ini adalah contoh tampilan yang bisa kalian lihat pada alat pemindahan Outdated content.

outdated content gsc

3. SafeSearch filtering

Menunjukkan kepada kalian, URL mana yang disaring oleh Google’s SafeSearch filter. Bagian ini menunjukkan kepada Anda konten mana yang dilaporkan sebagai konten dewasa.

Dan URL yang dikirimkan menggunakan alat ini akan ditinjau. Selanjutnya, jika Google merasa konten ini harus disaring dari hasil SafeSearch , maka URL ini akan ditandai sebagai konten dewasa.

Berikut kami sertakan tangkapan layar dari alat ini.

safesearch gsc

3 Alat pemindahan Google Search Console tersebut memberi SEO, webmaster, pemilik situs, dan lainnya sebuah akses, tidak hanya untuk menghapus konten dari pencarian Google dengan cepat. Melainkan juga memperlihatkan mengapa beberapa konten dihapus karena permintaan pihak ketiga.

Dengan demikian, anda dapat mengambil tindakan untuk membuka blokir permintaan penghapusan sebuah konten yang anda buat serta permintaan pihak ketiga karena konten yang kadaluwarsa.

You may also like

Leave a Comment